IIS (Internet Information Service) dan XAMPP di Windows 8

IIS  atau (Internet Information Service) adalah layanan milik keluarga windows sejak lama (sejak windows NT).   Sedikit ane jelaskan, IIS adalah adalah sebuah HTTP web server yang digunakan dalam sistem operasi server Windows, mulai dari Windows NT 4.0 ServerWindows 2000 Server atau Windows Server 2003. Layanan ini merupakan layanan terintegrasi dalam Windows 2000 ServerWindows Server 2003 atau sebagai add-on dalam Windows NT 4.0. (Wikipedia)
Seperti yang kita tahu IIS dikembangkan untuk melayani atau menjalankan file-file ASP (Active Server Pages), dan IIS menggunakan port 80 dan 443 pada default nya, yang berarti apabila ingin menginstall xampp akan terjadi bentrokan yang sangat hebat.. (lebayy.. :D) 

Kemarin ada yang bertanya tentang IIS di windows 8, karena dia bingung kenapa ketika diketik http://localhost/ pada browser muncul gambar seperti dibawah ini :




Sepintas ane mengerti bahwa itu adalah IIS windows 8, tapi yang ane bingungkan kenapa fitur ini langsung berjalan ? dan bagaimana mengatasi port yang bentrok dengan XAMPP ?, ikuti terus ya disini.. ^_^


Secara default IIS ternyata sudah aktif pada windows 8, ini ditandai dengan munculnya tampilan IIS pada http://localhost/, lalu letak document root berada di C:\inetpub\wwwroot\. Silakan coba sendiri. sedangkan fitur manager IIS bisa dicari melalui panel pencarian : "iis manager", tampilannya kurang lebih seperti ini.






IIS ON WINDOWS 7

Lalu bagaimana dengan windows 7, fitur IIS ternyata juga sudah ada pada windows 7. Namun tidak diaktifkan. Sehingga ketika diketikkan http://localhost, tidak muncul apa-apa alias error not found 404. 

Bagaimana cara mengaktifkannya ?, jika penasaran dengan IIS windows ini, yuk ikutin terus.. :)

1. Buka CONTROL PANEL
2. pilih menu program yang terdapat di control panel. Untuk lebih jelasnya coba perhatikan gambar dibawah ini

3. Langkah berikutnya pilih menu Turn Windows features on or off. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah.


4. Kemudian klik kotak disebelah tulisan Internet Information Service untuk mengaktifkan layanan IIS ini. Jangan lupa untuk menekan tombol OK setelah mengaktifkan perubahan yang dibuat. Untuk lebih jelasnya coba perhatikan gambar dibawah ini

5. Untuk mengetahui apakah IIS berhasil diaktifkan atau tidak, silakan buka http://localhost/ pada browser.


PORT IIS dan XAMPP

Nah  sampai sini, sudah mengerti tentang IIS windows ?, selanjutnya ane mau bahas tentang port antara IIS dan XAMPP. Ready...??

Secara default IIS menggunakan port 80 dan 443 untuk lalu lintas datanya. jika teman-teman selesai menginstall XAMPP dan berhasil, namun apache pada XAMPP tidak akan bisa berjalan. PASTI. Solusinya ya harus ada yang mengalah, dalam hal ini XAMPP yang mengalah dan menggunakan port lain, yaitu port 8080. Caranya adalah sebagai berikut :

1. Lakukan perubahan pada file httpd.conf
2. Buka file httpd.conf di C:\xampp\apache\conf\
3. Lalu lakukan find untuk kata "Listen 80" lalu ubah dengan "Listen 8080"
4. Masih di file yang sama, lakukan find untuk kata "ServerName localhost:80" lalu ubah dengan "ServerName localhost:8080"
5. Lalu simpan perubahan tersebut
6. Buka file httpd-ssl.conf di C:\xampp\apache\conf\extra\
7. Lalu lakukan find untuk kata "Listen 443" lalu ubah dengan "Listen 4499"
8. Masih di file yang sama, lakukan find untuk kata
   "virtualhost_default_:443"
   Lalu ubah dengan
   "virtualhost_default_:4499"
9. Masih di file yang sama, lakukan find untuk kata "ServerName localhost:443" lalu ubah dengan “ServerName localhost:4499"
10. Lalu jalankan XAMPP Control Panel pada C:\xampp\xampp-control.exe
11. Klik Start pada Apache maka di kotak detail yang bawah muncul peringatan "Apache started [Port 80]"Lalu buka browser dan ketika pada address http://localhost:8080/xampp. Jika berhasil maka Web Service Apache tersebut telah berjalan di port 8080.
(gambar hanya contoh, diambil dari website lain)


SEMOGA BERMANFAAT.. ^_^

0 komentar "IIS (Internet Information Service) dan XAMPP di Windows 8", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar